Senin, 21 Juni 2010

Metode Pemberian Obat Pada Ternak

Pemberian obat pada ternak dapat dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan tujuan dan jenis obat yang yang diberikan pada ternak.
Pembahasan saya kali ini mengenai pemberian obat dengan sistem Injection/suntik. Injection/penyuntikan adalah suatu metode/cara memasukkan obat-obatan pada tubuh ternak dengan tujuan untuk memberikan tindakan pengobatan/pencegahan dan vaksinasi agar lebih cepat mencapai sasaran yang diinginkan. Keuntungan pengobatan dengan sistem injection/suntik adalah obat langsung mencapai sasaran pada daerah yang mengalami sakit/sasaran yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan injection itu dilakukan, efisiensi penggunaan obat karena kemungkinan untuk terbuang sedikit sekali. Kekurangan sistem ini adalah, apabila dilakukan oleh tenaga yang tidak profesional/tidak memahami bagaimana teknik menyuntik yang baik dan sesuai dengan aturan ilmu kesehatan, alat suntik yang tidak steril dapat menyebabkan penularan penyakit tertentu dengan lebih cepat sehingga diperlukan alat suntik yang benar-benar steril sebelum melakukan penyuntikan. 
Metode Penyuntikan pada intinya sebagai berikut.
  1. Injektion Intra Musculer (Obat dimasukkan kedalam tubuh ternak melalui otot tubuh).
  2. Injection Intra Cutan ( Pemberian obat melalui penyuntikan didalam rongga kulit/Intra dermal)
  3. Injection Intra Vena ( Pemberian obat melalui pembuluh darah)
  4. Injection Sub Cutan ( Pemberian obat dibawah rongga kulit/sub cutan)
  5. Injection Intra Mamae (Pemberian obat melalui lubang puting susu)
  6. dan metode-metode lain sesuai dengan tujuan dan lokasi penyuntikan dengan penamaan..Didalam/bawah.....lokasi penyuntikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peternakan Tinggalkan Jejak